STANDAR ISI
MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA JAWA
SMP/SMPLB/MTs. TAHUN 2013
PROVINSI JAWA TENGAH
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
Sikap | Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
Pengetahuan | Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata |
Keterampilan | Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain sejenis |
Kelas 7
Semester I
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR | |
KI 1 | Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya | • Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa Bahasa Jawa sebagai bahasa Ibu • Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa Bahasa Jawa dengan memanfaatkannya sebagai sarana komunikasi/bahasa pergaulan etnik |
KI 2 | Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
| • Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi berbagai hal atau kejadian dengan santun bahasa Jawa yang sesuai • Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam berinteraksi sosial dengan menggunakan bahasa Jawa sesuai dengan tingkat tutur bahasa Jawa |
KI 3 | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.1 Memahami teks naratif tentang peristiwa/kejadian di sekitar 3.2 Memahami tembang macapat 3.3 Memahami teks cerita rakyat 3.4 Memahami teks cerita pengalaman yang mengesankan |
KI 4 | Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yangsama dalam sudut pandang/teori | • Menangkap isi teks naratif tentang peristiwa/kejadian di sekitar (ragam Krama) • Menyampaikan tanggapan tentang isi tembang macapat • Meringkas teks cerita rakyat dan menceritakan kembali isi bacaan • Menyusun/menulis teks cerita pengalaman yang mengesankan • Menyajikan teks cerita pengalaman yang mengesankan dan menanggapi cerita karangan teman • Memahami teks berhuruf Jawa |
Semester II
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR | |
KI 1 | Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya | • Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa Bahasa Jawa sebagai bahasa Ibu • Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa Bahasa Jawa dengan memanfaatkannya sebagai sarana komunikasi/bahasa pergaulan etnik |
KI 2 | Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | • Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi berbagai hal atau kejadian dengan santun bahasa Jawa yang sesuai • Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam berinteraksi sosial dengan menggunakan bahasa Jawa sesuai dengan tingkat tutur bahasa Jawa |
KI 3 | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.1 Memahami wacana deskriptif tentang peristiwa budaya 3.2 Memahami ajaran/ piwulang yang tertuang dalam tembang macapat 3.3 Memahami cerita wayang Ramayana 3.4 Menangfkap isi, meringkas dan menanggapi isi cerkak. 3.5 Memahami dialog/ percakapan |
KI 4 | Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | 4.1 Menangkap isi wacana deskriptif tentang peristiwa budaya 4.2 Menelaah tembang macapat 4.3 Meringkas teks cerita wayang Ramayana 4.4 Menulis dan menyajikan cerkak 4.5 Menyalin paragraph berhuruf latin ke huruf Jawa dan sebaliknya. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar